Dana BOS Rp 4,9 Triliun Sudah Cair

Selasa, 18 September 2012 , 04:07:00 WIB - sma

Dana BOS Rp 4,9 Triliun Sudah Cair
Kegiatan Belajar di Sekolah (Setkab.go.id)

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada triwulan III (Juli-September) 2012 sebesar Rp 4,929 triliun dari alokasi sebesar Rp 5,740 triliun pada 2012.

"Data pencairan dana BOS tersebut berdasarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) yang terbit pada 20 Juli 2012," kata sumber setkab.go.id, Senin (17/9).

Dana BOS disalurkan oleh Kas Negara ke Kas Daerah Provinsi pada 2-25 Juli 2012. Provinsi yang sudah menyalurkan dana ke sekolah berjumlah 30 provinsi. Sedangkan provinsi yang belum menyalurkan dana BOS meliputi Papua Barat, Papua, dan Kalimantan Tengah.

"Untuk Papua telah diterbitkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), tetapi masih dalam proses transfer dana ke sekolah sebesar Rp 25.614.737.500 atau 93 persen," kata sumber itu.

Adapun Provinsi Kepulauan Riau, DI Yogyakarta, dan Provinsi Sumatera Barat tercatat sebagai provinsi yang paling cepat menyalurkan dana BOS pada triwulan III, yakni, pada 2 Juli lalu, disusul Provinsi Gorontalo, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Mengenai adanya perbedaan persentase dana yang dicairkan berdasarkan SP2D dan laporan bank (87,87%), pejabat di Kemendikbud itu menyebutkan, hal itu terjadi karena ada sekolah yang menggunakan rekening di bank lain, sehingga laporan secara keseluruhan masih memerlukan waktu.

Berdasarkan data di Kemendikbud, penyaluran dana BOS pada triwulan I/2012 telah mencapai 102.33 persen atau sekitar Rp 5,74 triliun, dengan catatan termasuk dana daerah terpencil triwulan 4. Sementara pada triwulan II/2012 total dana BOS yang tersalur mencapai Rp 5,571 triliun (99,31%). Dengan demikian total dana BOS yang sudah disalurkan hingga triwulan III sebesar Rp 14,782 triliun atau 66,89%.

Reporter : Akhmad Kusairi
Redaktur : Budi Afandi

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

Terpopuler

  • Nasdem-PDIP Akui Berbagi Jatah Menteri

    Nasdem menurut Willy, juga tidak akan memaksakan kadernya untuk menjadi menteri. Ia membuka kemungkinan kalangan profesional untuk diajukan dalam kabinet mendatang asal mereka berkomitmen bekerja untuk bangsa dan tidak lagi bekerja untuk partai maupun golongan tertentu.

  • Bila Razia Polisi Dilakukan di Tempat Gelap

    Anda mungkin sering mendapati ada razia polisi terhadap kendaraan bermotor pada malam hari yang tanpa tanda apapun.

POLLING

  • Wakil Presiden untuk Jokowi

    Siapakah yang menurut Anda akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi?


    Jusuf Kalla
    Muhaimin Iskandar
    Mahfud MD
    Hatta Rajasa
    Gita Wirjawan
    Anis Matta
    Dahlan Iskan
    Rhoma Irama
    Pramono Edhie Wibowo
    Tokoh lain

    security image
    Masukan Kode captcha :