Isu SARA Sudah Tak Laku

Kamis, 20 September 2012 , 16:27:30 WIB - Politik

Isu SARA Sudah Tak Laku
Pilkada DKI Jakarta/Gresnews.com


JAKARTA - Kemenangan Jokowi-Ahok atas Fauzi Bowo-Nahrowi Ramli versi hitung cepat pada beberapa lembaga survei dalam Pilkada DKI Jakarta putaran kedua menunjukkan isu SARA tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemilih di Jakarta.

Demikian dikemukakan Direktur Lembaga Kajian dan Survey Nusantara (Laksnu) Gugus Joko Waskito. "Isu agama, suku dan golongan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemilih di Jakarta," kata Gugus, Kamis (20/9). "Selain itu instrumen keagamaan sudah tidak relevan lagi dijadikan instrumen pemilihan langsung."

Menurutnya tak signifikannya isu SARA di Jakarta merupakan sebuah kemajuan yang fenomenal. Pasalnya di Amerika Serikat saja sebagai negara maju membutuhkan waktu dua abad untuk mencapai prestasi itu.

"Ini sebuah lompatan yg sangat fenomenal. Karena Amerika saja perlu waktu lebih dari dua abad untuk bisa melakukan menerima perbedaan SARA. Fenemona kemenangan Jokowi-Ahok pasti berpengaruh pada pilkada daerah lain," tuntasnya.

Reporter : Akhmad Kusairi
Redaktur : Dudi Sabil Iskandar

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

Terpopuler

  • Kasus JIS Bukan Kejahatan Pidana Biasa

    Reza menilai kasus ini sudah menciptakan ketakutan luar biasa di kalangan orang tua dan keluarga. Karena itu, ia berharap aparat penegak hukum juga harus memandang kasus ini sebagai kejahatan yang luar biasa dengan penanganan yang berani dan lebih progresif.

  • Laju Prabowo, Jokowi, Ical Bisa Terganjal Aturan KPU

    Ketiga tokoh itu dinilai merupakan kandidat capres terkuat sehingga sering kali diterpa kampanye hitam alias black campaign yang bertujuan untuk menjatuhkan mereka. Aburizal Bakrie misalnya rentan diserang dengan isu lumpur Lapindo. Sementara Prabowo juga kerap diserang dengan isu pelanggaran HAM.

POLLING

  • Wakil Presiden untuk Jokowi

    Siapakah yang menurut Anda akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi?


    Jusuf Kalla
    Muhaimin Iskandar
    Mahfud MD
    Hatta Rajasa
    Gita Wirjawan
    Anis Matta
    Dahlan Iskan
    Rhoma Irama
    Pramono Edhie Wibowo
    Tokoh lain

    security image
    Masukan Kode captcha :