Apa Itu Pencurian Tertangkap Tangan?

Senin, 20 Agustus 2012 , 20:05:09 WIB - Konsultasi_Hukum

Apa Itu Pencurian Tertangkap Tangan?
Ilustrasi Pencurian Motor (newsrbayu.blogspot.com)

Kepada pengasuh Konsultasi Hukum gresnews.com,

Saya mau bertanya tentang masalah hukum. Ada kejadian pencurian di tempat kos saya, sebut saja si N, bermaksud mengambil sepeda motor yang diparkir di depan rumah Y, dengan cara menggunakan kunci lain yang bukan kunci asli motor tersebut. Motor tersebut sebenarnya belum dikuasai si N, namun sudah kepergok warga dan akhirnya diteriaki maling. Apakah si N dapat dikatakan melakukan pencurian? Padahal benda tersebut belum dibawa oleh si N karena sudah kepergok warga?

Andre di Bandung

Jawaban:
Jika kita mengacu pada aturan, maka hal tersebut dapat dikategorikan pencurian dengan tertangkap tangan. Jadi si N telah tertangkap tangan mengambil sepeda motor tersebut.

Jika dilihat dari tindakan si N, meskipun benda tersebut belum dikuasai olehnya, namun telah ada niat atau maksud dan ada tindakan untuk mengambil sepeda motor tersebut, yaitu dengan melakukan tindakan dengan menggunakan kunci lain yang bukan merupakan kunci dari motor tersebut. Meskipun motor belum dibawah pergi, namun sudah berada di bawah penguasaannya. Sehingga jika tidak tertangkap tangan sudah pasti sepeda motor tersebut dibawa kabur dan dimiliki si N dengan cara melawan hukum.

Nur Hariandi Tusni, S.H., M.H.

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

POLLING