Melaporkan Aparat BPK

Minggu, 26 Agustus 2012 , 11:01:49 WIB - Konsultasi_Hukum

Melaporkan Aparat BPK
Gedung BPK (Tribunnews.com)

Pengelola Konsultasi Hukum gresnews.com,

Kalau saya ingin mengajukan pengaduan mengenai aparat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), harus mengajukan ke lembaga apa? Siapakah penegak keadilan di Indonesia yang masih bisa dipercaya?

krupuk_aci@yahoo.com.sg

Jawaban:
Jika ingin mengajukan pengaduan mengenai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maka Anda dapat melalui dua cara, yaitu, pertama mengajukan melalui Majelis Kehormatan Kode Etik. Kedua, dapat juga melaporkan sebagai tindak pidana di Kepolisian, Kejaksaan, maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengaduan atau laporan tersebut lebih baik diajukan secara tertulis dengan menuliskan kronologi permasalahan, agar pengaduan atau laporan Anda dapat dipahami dan segera ditindaklanjuti.

Mengenai penegak keadilan yang dapat dipercaya, kami sampaikan bahwa semua lembaga penegak hukum dapat dipercaya. Rendahnya ketidakpercayaan masyarakat kepada lembaga penegak hukum, bukan karena lembaganya yang buruk melainkan individu-individu di dalamnya. Namun tentu tidak semua individu di dalamnya buruk. Masih banyak yang individu bagus, memiki integritas dan kredibel. Namun tidak terkomunikasikan dengan baik di media massa. Demikian semoga menjawab.

Nur Hariandi, S.H., M.H.

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

Terpopuler

  • Kasus JIS Bukan Kejahatan Pidana Biasa

    Reza menilai kasus ini sudah menciptakan ketakutan luar biasa di kalangan orang tua dan keluarga. Karena itu, ia berharap aparat penegak hukum juga harus memandang kasus ini sebagai kejahatan yang luar biasa dengan penanganan yang berani dan lebih progresif.

  • Laju Prabowo, Jokowi, Ical Bisa Terganjal Aturan KPU

    Ketiga tokoh itu dinilai merupakan kandidat capres terkuat sehingga sering kali diterpa kampanye hitam alias black campaign yang bertujuan untuk menjatuhkan mereka. Aburizal Bakrie misalnya rentan diserang dengan isu lumpur Lapindo. Sementara Prabowo juga kerap diserang dengan isu pelanggaran HAM.

POLLING

  • Wakil Presiden untuk Jokowi

    Siapakah yang menurut Anda akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi?


    Jusuf Kalla
    Muhaimin Iskandar
    Mahfud MD
    Hatta Rajasa
    Gita Wirjawan
    Anis Matta
    Dahlan Iskan
    Rhoma Irama
    Pramono Edhie Wibowo
    Tokoh lain

    security image
    Masukan Kode captcha :