Melaporkan Aparat BPK

Minggu, 26 Agustus 2012 , 11:01:49 WIB - Konsultasi_Hukum

Melaporkan Aparat BPK
Gedung BPK (Tribunnews.com)

Pengelola Konsultasi Hukum gresnews.com,

Kalau saya ingin mengajukan pengaduan mengenai aparat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), harus mengajukan ke lembaga apa? Siapakah penegak keadilan di Indonesia yang masih bisa dipercaya?

[email protected]

Jawaban:
Jika ingin mengajukan pengaduan mengenai Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) maka Anda dapat melalui dua cara, yaitu, pertama mengajukan melalui Majelis Kehormatan Kode Etik. Kedua, dapat juga melaporkan sebagai tindak pidana di Kepolisian, Kejaksaan, maupun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pengaduan atau laporan tersebut lebih baik diajukan secara tertulis dengan menuliskan kronologi permasalahan, agar pengaduan atau laporan Anda dapat dipahami dan segera ditindaklanjuti.

Mengenai penegak keadilan yang dapat dipercaya, kami sampaikan bahwa semua lembaga penegak hukum dapat dipercaya. Rendahnya ketidakpercayaan masyarakat kepada lembaga penegak hukum, bukan karena lembaganya yang buruk melainkan individu-individu di dalamnya. Namun tentu tidak semua individu di dalamnya buruk. Masih banyak yang individu bagus, memiki integritas dan kredibel. Namun tidak terkomunikasikan dengan baik di media massa. Demikian semoga menjawab.

Nur Hariandi, S.H., M.H.

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

POLLING

  • Kriminalisasi oleh Polri

    Pasca-penetapan tersangka Komjen Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), marak penyebutan istilah kriminalisasi, merujuk pada sejumlah laporan tindak pidana terhadap pimpinan KPK, aktivis, dan pegiat antikorupsi. Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla berpendapat hal itu bukan kriminalisasi melainkan penegakan hukum. Menurut Anda, apakah langkah Polri itu kriminalisasi atau bukan?


    Ya, kriminalisasi
    Bukan kriminalisasi
    Tidak tahu

    security image
    Masukan Kode captcha :