Pemberitaan Media Harus Dilandasi Niat Baik

Minggu, 23 September 2012 , 00:31:08 WIB - Kampus

Pemberitaan Media Harus Dilandasi Niat Baik
Peliputan Wartawan (Portaltiga/Gresnews.com)

BANDUNG - Pemberitaan media massa harus berdasarkan atas niat baik dan tidak boleh ditujukan untuk menjatuhkan seseorang atau lembaga dengan mencari-cari kesalahan. Tugas media adalah menciptakan harmoni bukan konflik.

Demikian ditegaskan oleh Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) Nina Winangsih Syam dalam acara diskusi dan sarasehan Forum Wartawan Kejaksaan Agung (Forwaka) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/9).

Nina menjelaskan, media massa harus memberitakan fakta secara objektif dan tidak ditujukan untuk menyakiti pihak manapun. Media massa mengemban tugas mulia yakni menciptakan harmoni di masyarakat. "Untuk mencapai harmonisasi tersebut, pesan harus dipahami secara utuh," ujarnya.

Berkaitan dengan kegiatan hubungan masyarakat (public relation), Nina mengatakan, untuk membentuk citra positif suatu lembaga atau organisasi diperlukan kejelian pemilihan metode komunikasi yang tepat. Humas perlu menerapkan manajemen reputasi, yakni, kemampuan menghubungkan reputasi terhadap tujuan bisnis guna meningkatkan dukungan dan pembelaan, serta meningkatkan kesuksesan organisasi atau lembaga melalui keuntungan, konstribusi, kehadiran, dan sebagainya.

"Reputasi terbentuk dari sekumpulan citra (image) yang merupakan penilaian khalayak internal dan eksternal," ujarnya.

Humas berfungsi sebagai representasi positif lembaga atau organisasi kepada publik. Selain itu, Humas juga berfungsi menciptakan reputasi lembaga atau organisasi, reputasi individu dan produk atau layanan, mempertinggi nama baik satu kedudukan lembaga dan masyarakat, serta menyelenggarakan kampanye untuk tujuan tertentu.

Reporter : Alan Jhon
Redaktur : Budi Afandi

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

Terpopuler

  • Pertanian Indonesia Sedang Sakit, Perlu Pemimpin yang Memahami Petani

    Dia mengatakan, kasus impor beras, daging sapi dan bawang merah menggambarkan pertanian Indonesia sedang sakit. Perekonomian lebih mengutamakan kepentingan penguasa dan pengusaha yang mencari untung sesaat daripada petani yang hidup makin melarat.

  • Kasus JIS Bukan Kejahatan Pidana Biasa

    Reza menilai kasus ini sudah menciptakan ketakutan luar biasa di kalangan orang tua dan keluarga. Karena itu, ia berharap aparat penegak hukum juga harus memandang kasus ini sebagai kejahatan yang luar biasa dengan penanganan yang berani dan lebih progresif.

POLLING

  • Wakil Presiden untuk Jokowi

    Siapakah yang menurut Anda akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi?


    Jusuf Kalla
    Muhaimin Iskandar
    Mahfud MD
    Hatta Rajasa
    Gita Wirjawan
    Anis Matta
    Dahlan Iskan
    Rhoma Irama
    Pramono Edhie Wibowo
    Tokoh lain

    security image
    Masukan Kode captcha :