Batik masuk kurikulum sekolah mode di Italia

Selasa, 24 April 2012 , 22:30:00 WIB - Internasional

Batik masuk kurikulum sekolah mode di Italia
Ilustrasi: visijobs.com

Solo - Koefia, sebuah sekolah mode tertua di Italia tertarik dengan batik Solo, Indonesia, dan berencana memasukkan desain mode dengan bahan kain batik ke dalam kurikulum pelajarannya.

Direktur Artistik Koefia, Bianca Lami beserta Wakil Ketua DPRD di Lazio, Italia Raffaele D`Ambrosio mengatakan bahwa pihaknya mengetahui Solo sebagai pusat batik dari internet.

"Saya tahu dari internet bahwa Solo merupakan ibukota batik. Di sini banyak industri batik, bahkan saya dengar ada kampung dengan nama batik. Saya ingin melihatnya secara langsung," katanya.

Ia mengatakan, bahwa pihaknya akan mengajarkan desain fesyen batik kepada siswanya selama tiga tahun. Hal ini dikarenakan pihaknya melihat batik sebagai warisan budaya dunia yang diakui Unesco dari Indonesia dan bisa menjadi tren fesyen baru nantinya.

"Kami ingin mengembangkan fashion heritage. Ini sekaligus untuk menggabungkan budaya Solo dengan budaya Eropa dan saya kira hasilnya akan sangat bagus," kata Bianca seperti dilansir menkokesra.go.id.

Redaktur : M. Achsan Atjo

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

Terpopuler

  • Kasus JIS Bukan Kejahatan Pidana Biasa

    Reza menilai kasus ini sudah menciptakan ketakutan luar biasa di kalangan orang tua dan keluarga. Karena itu, ia berharap aparat penegak hukum juga harus memandang kasus ini sebagai kejahatan yang luar biasa dengan penanganan yang berani dan lebih progresif.

  • Laju Prabowo, Jokowi, Ical Bisa Terganjal Aturan KPU

    Ketiga tokoh itu dinilai merupakan kandidat capres terkuat sehingga sering kali diterpa kampanye hitam alias black campaign yang bertujuan untuk menjatuhkan mereka. Aburizal Bakrie misalnya rentan diserang dengan isu lumpur Lapindo. Sementara Prabowo juga kerap diserang dengan isu pelanggaran HAM.

POLLING

  • Wakil Presiden untuk Jokowi

    Siapakah yang menurut Anda akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi?


    Jusuf Kalla
    Muhaimin Iskandar
    Mahfud MD
    Hatta Rajasa
    Gita Wirjawan
    Anis Matta
    Dahlan Iskan
    Rhoma Irama
    Pramono Edhie Wibowo
    Tokoh lain

    security image
    Masukan Kode captcha :