UU Pencucian Uang Miskinkan Koruptor

Jum'at, 21 September 2012 , 15:19:09 WIB - Hukum

UU Pencucian Uang Miskinkan Koruptor
Agus Santoso/vivanews.co.id

JAKARTA - Penegak hukum mesti menggunakan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang untuk memiskinkan koruptor. UU ini jika digabungkan dengan UU Tindak Pidana Korupsi akan menghasilkan vonis berat bagi koruptor. Bahkan, penerima manfaatnya juga bisa diseret ke pengadilan.

Demikian dikemukakan Wakil Ketua Pusat Pelaporan dan Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso kepada Gresnews.com di Jakarta, Jumat (21/9). "Maraknya tindak pidana korupsi disebabkan hukuman terhadap pelaku korupsi terlalu ringan. Oleh karena itu menurutnya koruptor harus diganjar hukuman berat dan dimiskinkan. UU TPPU harus berani digunakan oleh penegak hukum."

"UU TPPU sudah memberikan dasar hukum yang memadai untuk mengganjar koruptor dengan hukuman berat apabila dalam proses penuntutan dan peradilannya diterapkan tuntutan secara kumulatif antara tindak pidana korupsi dengan tindak pidana pencucian uang," kata Agus.

Menurut Agus apabila jaksa penuntut umum dan hakim menerapkan penuntutan secara kumulatif, yaitu menggabungkan UU Tipikor dengan UU TPPU terdakwa koruptor bisa diganjar hukuman berat sekaligus dimiskinkan. Bahkan lebih dari itu, pihak-pihak yang diduga memanfaatkan aliran dana dalam proses pencucian uang ilegal hasil korupsi tersebut dapat diseret sebagai pelaku aktif, pelaku pasif atau sebagai fasilitator.

"Apabila Penuntut Umum menerapkan penuntutan secara kumulatif, terdakwa koruptor bisa diganjar hukuman berat sekaligus dimiskinkan. Bahkan pihak yang memanfaatkan aliran dana dapat diseret," tuturnya.

Reporter : Akhmad Kusairi
Redaktur : Dudi Sabil Iskandar

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

POLLING

  • Apakah Mahkamah Konstitusi akan mengabulkan gugatan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa terkait Perselisihan Hasil Pemilu Presiden 2014?

    Mengabulkan seluruhnya
    Mengabulkan sebagian
    Menolak seluruhnya
    Tidak tahu

    security image
    Masukan Kode captcha :