UU Pencucian Uang Miskinkan Koruptor

Jum'at, 21 September 2012 , 15:19:09 WIB - Hukum

UU Pencucian Uang Miskinkan Koruptor
Agus Santoso/vivanews.co.id

JAKARTA - Penegak hukum mesti menggunakan Undang-Undang Tindak Pidana Pencucian Uang untuk memiskinkan koruptor. UU ini jika digabungkan dengan UU Tindak Pidana Korupsi akan menghasilkan vonis berat bagi koruptor. Bahkan, penerima manfaatnya juga bisa diseret ke pengadilan.

Demikian dikemukakan Wakil Ketua Pusat Pelaporan dan Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso kepada Gresnews.com di Jakarta, Jumat (21/9). "Maraknya tindak pidana korupsi disebabkan hukuman terhadap pelaku korupsi terlalu ringan. Oleh karena itu menurutnya koruptor harus diganjar hukuman berat dan dimiskinkan. UU TPPU harus berani digunakan oleh penegak hukum."

"UU TPPU sudah memberikan dasar hukum yang memadai untuk mengganjar koruptor dengan hukuman berat apabila dalam proses penuntutan dan peradilannya diterapkan tuntutan secara kumulatif antara tindak pidana korupsi dengan tindak pidana pencucian uang," kata Agus.

Menurut Agus apabila jaksa penuntut umum dan hakim menerapkan penuntutan secara kumulatif, yaitu menggabungkan UU Tipikor dengan UU TPPU terdakwa koruptor bisa diganjar hukuman berat sekaligus dimiskinkan. Bahkan lebih dari itu, pihak-pihak yang diduga memanfaatkan aliran dana dalam proses pencucian uang ilegal hasil korupsi tersebut dapat diseret sebagai pelaku aktif, pelaku pasif atau sebagai fasilitator.

"Apabila Penuntut Umum menerapkan penuntutan secara kumulatif, terdakwa koruptor bisa diganjar hukuman berat sekaligus dimiskinkan. Bahkan pihak yang memanfaatkan aliran dana dapat diseret," tuturnya.

Reporter : Akhmad Kusairi
Redaktur : Dudi Sabil Iskandar

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

Terpopuler

  • Pertanian Indonesia Sedang Sakit, Perlu Pemimpin yang Memahami Petani

    Dia mengatakan, kasus impor beras, daging sapi dan bawang merah menggambarkan pertanian Indonesia sedang sakit. Perekonomian lebih mengutamakan kepentingan penguasa dan pengusaha yang mencari untung sesaat daripada petani yang hidup makin melarat.

  • Kasus JIS Bukan Kejahatan Pidana Biasa

    Reza menilai kasus ini sudah menciptakan ketakutan luar biasa di kalangan orang tua dan keluarga. Karena itu, ia berharap aparat penegak hukum juga harus memandang kasus ini sebagai kejahatan yang luar biasa dengan penanganan yang berani dan lebih progresif.

POLLING

  • Wakil Presiden untuk Jokowi

    Siapakah yang menurut Anda akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi?


    Jusuf Kalla
    Muhaimin Iskandar
    Mahfud MD
    Hatta Rajasa
    Gita Wirjawan
    Anis Matta
    Dahlan Iskan
    Rhoma Irama
    Pramono Edhie Wibowo
    Tokoh lain

    security image
    Masukan Kode captcha :