Panwaslu DKI Jakarta Terima Puluhan Pengaduan

Jum'at, 21 September 2012 , 14:44:39 WIB - Hukum

Panwaslu DKI Jakarta Terima Puluhan Pengaduan
Ramdansyah/republika.co.id

JAKARTA - Panitia Pengawas Pemilu DKI Jakarta menerima 47 pengaduan pelanggaran dari berbagai pihak sepanjang pelaksanaan Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta putaran kedua. Sebagian pengaduan bisa dilanjutkan dan sebagian lainnya dinyatakan tidak memenuhi unsur pelanggaran pilkada.

"Ada pula berkas pelanggaran yang masih dalam proses pemeriksaan saat ini. Berkas yang masih diperiksa antara lain pengaduan yang masuk antara 18-20 September. Tercatat ada 10 pengaduan yang masuk ke Panwas dalam kurun tersebut," ucap Ketua Panwaslu Ramdansyah, Jakarta, Jumat (21/9).

Sebanyak empat kasus laporan yang tidak di tindak lanjuti dikarenakan tidak memenuhi unsur pelanggaran pilkada. Sementara itu, pelanggaran yang paling banyak di laporkan yaitu masalah DPT, masih banyak warga yang tidak terdaftar dan tidak bisa menggunakan hak pilihnya serta banyak warga yang tidak mendapat surat undangan.

Pelanggaran lainnya yaitu dugaan politik uang dan kampanye di luar jadwal, selebaran gerak berbau SARA dan adu domba, penyebaran buku kampanye hitam tentang Jokowi, sosialisasi untuk memilih Fauzi Bowo di forum-forum guru, kampanye hitam untuk tidak memilih pasangan yang bukan Islam dan masih banyak lagi.

Reporter : Nur Hidayah
Redaktur : Dudi Sabil Iskandar

Become a fan! Email! Linkedin! Follow us! Youtube! Google Plus! Pinterest!

Terpopuler

  • Nasdem-PDIP Akui Berbagi Jatah Menteri

    Nasdem menurut Willy, juga tidak akan memaksakan kadernya untuk menjadi menteri. Ia membuka kemungkinan kalangan profesional untuk diajukan dalam kabinet mendatang asal mereka berkomitmen bekerja untuk bangsa dan tidak lagi bekerja untuk partai maupun golongan tertentu.

  • Bila Razia Polisi Dilakukan di Tempat Gelap

    Anda mungkin sering mendapati ada razia polisi terhadap kendaraan bermotor pada malam hari yang tanpa tanda apapun.

POLLING

  • Wakil Presiden untuk Jokowi

    Siapakah yang menurut Anda akan menjadi calon wakil presiden yang mendampingi Jokowi?


    Jusuf Kalla
    Muhaimin Iskandar
    Mahfud MD
    Hatta Rajasa
    Gita Wirjawan
    Anis Matta
    Dahlan Iskan
    Rhoma Irama
    Pramono Edhie Wibowo
    Tokoh lain

    security image
    Masukan Kode captcha :